HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADA PRESTASI BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV, V & VI SD NEGERI 2 KARANGMULYO TEGALSARI
BANYUWANGI
Oleh : Lutfi Wakhid (2011.11.1.0688)
A.
Latar Belakang Masalah
Lembaga pendidikan sekolah dasar
negeri merupakan lembaga pendidikan formal umum yang meningkatkan mutu
pendidikan di indonesia di tingkat anak anak yang berilmu, unggul dan
berprestasi. Dalam kehidupn yang semaki cepat ika ilmu agam tidak diajarkan
mulai dini, ilmu agama islam akan semakn tergerus oleh perkembagan zaman.
Setiap anak memiliki kemampuan dan otensi untuk menjadi manusia yang lebih baik
dari hari esok. Pendidikan islam berusaha merealisasi misi agama islam dalam
tiap pribadi manusia, nilai nilai islam demikianlah yang seharusnya
ditumbuhkembangkan dalam diri manusia melalui transformasi kependidikan.
Menurut Ki Hajar Dewantara,
pendidikan adalah tunuttan di dalam hidup tumbuhnya anak anak, adpun maksudnya
pendidikan yaitu menuntu segala kekuatan kodrat ang ada pada anak anak itu agar
mereka sebagai ganti manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai
keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya. Sedangkan dalam pelajaran
pramuka kita dikenalkan dengan banyak materi yang mana dapat menjadikan kita
mandiri, lebih mengenal lingkungan serta cinta tanah air, bangsa depan negara.
Disisi lain gerakan pramuka adalah
gerakan atau lembaga pendidikan yang komplementer mengomplitkan) pemdidikan
yang didapat untuk remaja dirumah (keluarganya) dan disekolahnya. Peda segmen
yang belum ditangani oleh lembaga pendidikan yag lain.
Di SD negeri 2 Larangmulyo Tegalsari
Banyuwangi kelas IV, V dan VI mendapatkan jam ekstrakurikuler pramuka hanya
satu minggu sekali 2 x 60 ment. Dengan keterbatasan waktu tersebut adik-adik
dituntut untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, teutama Pembina pramuka harus
pandai-pandai membagi waktu untuk menyampaikan materi, supaya adik-adk dapat
menyerap materi yang disampaikan pembina dengan baik, sedngkan jika dilihat
secara teliti, peran ramuka sangat membantu guru dalam menigkatkan prestasi
pendidikan agama islam karena dalam prauka juga dikenalkan ilu keagamaan yang
mengarahan kepada kebaikan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah
ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Karangmulyo
Tahun Ajaran 2014/2015 ?
2.
Bagaimana
Prestasi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2
Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
3.
Adakah
Hubungan ekstrakurikuler Pramuka terhadap Prestasi Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
4.
Seberapa
besar hubungan ekstrakurikuler Pramuka Prestasi Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2
Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
2.
Untuk
mengetahui Prestasi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV, V dan VI di SD
Negeri 2 Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
3.
Untuk
mengetahui Hubungan ekstrakurikuler Pramuka terhadap Prestasi Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Karangmulyo Tahun Ajaran
2014/2015 ?
4.
Untuk
mengetahui hubungan ekstrakurikuler Pramuka Prestasi Pendidikan Agama Islam
Siswa Kelas IV, V dan VI di SD Negeri 2 Karangmulyo Tahun Ajaran 2014/2015 ?
D.
Manfaat
1.
Manfaat
teoritis
a)
Meningkatkan
kualitas pembelajaran
b)
Sebagai
bahan evaluasi pembina ekstrakurikuler
c)
Sebagai
masukan bai uru dan pembina ekstrakurikuer
2.
Manfaat
Praktis
a)
Bagi
siswa, untuk upaya peningkatan prestasi siswa pelajaran pendidikan agama islam
b)
Bagi
guru dan pembina, sebagai sumbangan pemikiran kepada rekan guru dan pembina
c)
Bagi
peneliti, sebagai salah pengalaman yang diperoleh
E.
Ruang Lingkup
1.
Variabel
bebas : ekstrakurikuler Pramuka yang penyelenggarakaannya merupakan satu
kesatuan yang terdiri atas : majelis embimbing, gugus depan, pembina, adik
didik
2.
Variabel
terikat : prestasi Belajar pendidikan Agama Islam yang diperoleh dari penilaian
pada ranah : kognitif (pengetahuan), afektig (nilai dan sikap), psikomotorik
(keterampilan)
F.
Definisi Operasional
1.
Prestasi
: “belajar ialah hasil yag tercapai, dilakukan, dikerjakan untu memperoleh
suatu perubahan tingkah laku yang batu secara keseluruhan”
2.
Ekstrakurikuler
Pramuka : Pramuka pada haikatnya adalah suatu proses pendidikan dalam bentuk
yang menyenangkan bagi anak dan pemuda dibawah tanggung jawab orang dewasa,
dilaksanakan diluar sekolah dan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan alam
terbuka serta menggunakan konsep prinsip kepramukaan.
3.
Pendidikan
Agama Islam : merupakan sebagai usaha sadar generasi tua untuk mengalihkan
pengalaman, pengetahuan, kecakapan dan keteramplan kepada generasi uda agar
kelak menjadi manusia bertaqwa kepada tuhan yang maha esa,pendidikan islam juga
merupakan usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat
memahami ajaran islam secara menyeluruh.
OPINI REVIEW
Menurut hasil penelitian skripsi
yang kami laksanakan mengenai hubungan ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi
belajar siswa bahwa sudah baik, karena merupakan konsep penting bagi siswa
serta guru yang berkaitan. Namun ada beberapa hal yang belum dijelaskan seperti
halnya latar belakang pengambilan judul, bapak lutfi wakhid menurut kami kurang
menjelaskan alasan mengambil judul tersebut, seharusnya beliau lebih
menjelaskannya.
Dalam skripsi tersebut juga sudah
dijelaskan manfaat dan tujuan penelitian tersebut sehingga pembaca mudah sekali
memahami apa saja manfaat dan tujuan pembuatan skripsi tersebut. Tetapi untuk
sub bab definisi operasional menurut kami seharusnya tidak diletakkan di bab I
, tapi di bab pembahasan yang berada di BAB II.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar